Menikmati Kesejukan di Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo
Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo Merupakan Tempat wisata di Malang yang memiliki panorama alam yang sangat indah dan eksotis. Tidak Heran jika Objek wisata ini menjadi sasaran para wisatawan Domestik maupun Mancanegara. Air Terjun ini merupakan objek wisata yang paling terkenal di Malang dan menjadi kebangaan bagi penduduk Kota Malang.

Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian sekitar 84 meter, dan berada di ketinggian 1.135 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian yang dimiliki air terjun ini, ketika berada di sekitar Air Terjun anda sudah bisa merasakan sejuk dan dinginnya hembusan air yang tertiup oleh angin, membuat anda betah untuk berlama-lama di tempat wisata ini.

Air Terjun Coban Rondo
image from @wirandiprayogi

Di pepohonan yang berada di sekitar Air Terjun anda juga bisa melihat lucunya monyet-monyet yang sedang bermain di atas pohon. monyet ini memiliki warna hitam dan muka yang sangat lucu. Air Terjun Coban Rondo merupakan fasilitas yang berada di Wana Wisata Coban Rondo. Jika anda berkunjung ke Air Terjun ini pada hari Sabtu – Minggu maka objek wisata ini akan ramai oleh anak-anak sekolah.

selain Air Terjun Coban Rondo di area Wana Wisata Coban Rondo terdapat banyak objek wisata lainnya seperti Labirin, Area Camping dan Satwa. dan setelah anda puas menikmati fasilitas yang ada di Wana Wisata Coban Rondo anda juga bisa langsung menuju objek wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan, yaitu menikmati keindahan kota malang ketika malam hari di bukit paralayang.

Air Terjun Coban Rondo

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Tentu tidak lengkap jika berkunjung ke Coban Rondo jika tidak mengetahui Legenda yang ada di Air terjun ini bukan ? di balik keindahan dan kesejukan yang dimiliki Air Terjun Coban Rondo ternyata juga menyimpan legenda yang sangat unik. Berdasarkan cerita atau legenda masyarakat sekitar, bahwa air terjun ini terbentuk dari sebuah kisah asmara sepasang pengantin baru yang bernama Dewi Anjarwati yang berasal dari gunung Kawi dan Raden Baron Kusuma yang berasal dari Gunung Anjasmaro. Setelah usia pernikahan mereka yang ke selapan atau yang 36 hari, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk berkunjung ke Gunung Anjasmoro, Namun Orang tua Dewi Anjarwati tidak memberikan ijin karena pernikahan mereka masih berumur selapan. Tapi mereka tetap bersikeras untuk pergi.

Baja Juga : Labirin di Coban Rondo

Ketika di tengah perjalanan muncul lah seorang yang bernama Joko Lelono. Joko Lelono terpikat dengan kecantikan yang dimiliki dewi anjarwati, dan Akhirnya Raden Baron menyuruh anak buahnya untuk menyembunyikan istrinya di sebuah Coban ( Air Terjun ). Ketika itu juga Joko Lelono dan Raden Baron bertarung dengan sangat hebat, sehingga membuat keduanya Gugur. Akibat dari Gugurnya Suami Dewi Anjarwati, maka istrinya menjadi seorang janda ( dalam bahasa Jawa disebut Rondo). Sejak saat itu lah air terjun ini dinamakan Air Terjun Coban Rondo.

Air Terjun Coban Rondo

Fasilitas dan Tarif di Air Terjun Coban Rondo

Fasilitas yang berada di Air Terjun Lumayan lengkap. Mulai dari Toilet, tempat parkir, Warung, Kios Souvenir dan fasilitas bermain. Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan dengan lengkap di bawah ini :

  1. Fasilitas Bermain
    Fasilitas bermain yang ada di sekitar Air Terjun hanya Flying Fox dengan tarif Sekitar Rp. 30.000 dan Permainan Shooting Target Rp. 10.000 per 5 butir. Untuk permainan lebih lengkapnya berada di dekat pintu masuk menuju wisata Coban Rondo, Seperti Labirin, Segway, play ground, Atv dan lain-lain.
  2. Tempat Makan
    Di sekitar air terjun terdapat banyak warung Makan yang enak dengan harga terjangkau dan dengan bermacam-macam jenis makanan, seperti Sate Ayam, Sate Kelinci, Gorengan, Jagung Bakar, Buah-buahan dan lain-lain. Bagi anda yang suka Gorengan saya merekomendasikan untuk mencoba brokoli digoreng, rasanya sangat gurih dan enak, harganya Rp. 2.000 per Gorengan. Bagi anda yang ingin menikmati jagung bakar Harganya cukup murah hanya Rp. 5.000 .
  3. Toilet Umum
    Untuk Toilet yang berada di Air Terjun tidak dikenakan biaya atau gratis.
  4. Tempat Parkir
    Untuk tempat parkir juga tidak dikenakan biaya Karena di  Pintu masuk Wana Wisata Coban Rondo sudah membayar tiket masuk Sebesar Rp. 15.000 jika menggunakan kendaraan motor. Jadi anda sudah bebas parkir disetiap objek wisata yang berada di wana wisata Coban Rondo.
  5. Toko Souvenir
    Bagi anda yang ingin belanja oleh-oleh atau buah tangan untuk orang-orang tercinta, di sekitar air terjun terdapat sebuah toko yang menjual souvenir khas Kota Batu .
  6. Tempat Ibadah ( Musholla)
    Bagi Umat Muslim yang ingin melakukan ibadah disekitar air terjun tersedia Mushola

Air Terjun Coban Rondo

Akses Lokasi Menuju Air Terjun Coban Rondo

Akses Lokasi Menuju Air Terjun Coban Rondo bisa menggunakan Kendaraan sewaan maupun kendaraan pribadi. Bagi anda yang ingin menggunakan transportasi umum kami sarankan untuk merental motor atau mobil saja karena anda lebih bebas dan bisa menikmati objek wisata lainnya. Untuk merental motor 24 jam biasanya dikenakan tarif sekitar Rp.50.000 – Rp.60.000 . Jika anda ingin merental mobil 24 jam biasanya dikenakan tarif sekitar Rp.250.000 – Rp.300.000 tergantung mobilnya.

Baca Juga : Wahana di Coban Rondo, Tarif, ,fasilitas, Lokasi, dan Penginapan

Jika anda berangkat dari Kota malang menuju Air Terjun Coban Rondo akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, Namun jika anda berangkat dari Kota Batu menuju lokasi hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Jalan yang akan anda lalui sudah diaspal mulus, namun jalannya berkelok-kelok, tanjakan dan sedikit tajam.

Air Terjun Coban Rondo

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo berada di Provinsi Jawa Timur, tepatnya berada di desa Pandansari, Kecamatan Pujong, Kabupaten Malang. [ Maps Menuju Air Terjun ]

Menikmati Kesejukan di Air Terjun Coban Rondo Malang
6 (100%) 1 vote

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY