Menikmati Keindahan Air Terjun Nyarai di Lubuk Alung

air terjun nyarai

Mungkin selama ini yang kita ketahui tentang tempat wisata air terjun di sumatera barat hanyalah air terjun lembah anai dan air terjun sarasah banyak gariang, namun ternyata ada surga tersembunyi yang belum diketahui banyak orang, yaitu air terjun nyarai yang berada di lubuk alung kabupaten pariaman.

Lokasi Air terjun nyarai memang berada di pelosok desa dan perjalanannya harus melewati hutan sepanjang 3,5 km dan menyeberangi sungai dangkal sepanjang 50 meter, Anda tidak perlu takut untuk tersesat, karena anda akan ditemani oleh pemandu dari tempat registrasi dan hanya membayar tarif sekitar Rp 20.000, namun ketika anda sampai ke air terjun nyarai anda akan menikmati keindahan panorama alam yang sangat eksotis, Semua perjuangan anda melewati hutan dan sungai yang banyak bebatuannya akan terobati.

Air Terjun Nyarai

Ketika anda sampai di lokasi anda akan melihat kolam yang berwarna hijau tepat berada di bawah air terjun nyarai, jika anda berlibur ke air terjun ini ketika musim panas, maka air terjunnya akan kecil namun kolam yang berada di bawah akan lebih indah dan berwarna hijau, namun sebaliknya jika anda berlibur ke air terjun ini ketika musim hujan air terjunnya deras tapi kolamnya akan keruh.

Baca Juga :Menikmati Keindahan Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan bebatuan yang sangat besar, membuat kita merasa nyaman dan tenang berada di air terjun ini, air yang berada dikolam ini sangat lah segar karena berasal dari mata air alami, yang membuat tubuh anda terasa fresh setelah mandi, Bagi anda yang suka memancing kolam ini juga cocok buat anda, karena ikan yang berada di kolam lumayan besar dan bisa anda jadikan santapan makan siang anda.

Air Terjun Nyarai

Baca Juga : Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Tips Menuju Air Terjun Nyarai 

Jika anda ingin menghabiskan liburan sekolah anda atau liburan akhir pekan anda di air terjun nyarai anda harus mempersiapkan semuanya dengan baik, baik itu kesehatan maupun pakaian atau peralatan yang kita gunakan, sahabat portalwisata.co.id akan berbagi tips supaya perjalanan anda menuju air terjun ini lebih asyik dan aman.

  1. yang pertama usahakan cari sepatu atau sendal yang tidak licin, seperti sendal gunung karena perjalanan yang akan anda lewati sedikit licin, tidak baik jika hanya menggunakan sendal jepit menuju ke air terjun ini.
  2. Yang kedua bawa lah bekal makan atau minum, karena di sekitar air terjun tidak ada indomaret atau semacamnya, memang di air terjun ini kita bisa memancing, namun belum tentu ikannya dapat, jadi saran dari kami agra membawa bekal makanan.
  3. Yang ketiga adalah pakaian, saran dari kami agar menggunakan celana training karena anda akan melewati sungai dan bebatuan yang lumayan licin, tidak cocok jika menggunakan celana jeans, karena anda akan susah bergerak jika menggunakan celana jeans.

Perjalanan menuju air terjun ini memang butuh perjuangan, tidak seperti wisata yang ada di pinggir jalan, maka dari itu anda harus menyiapkan mental dan kesehatan.

Baca Juga : Ngalau Indah Payakumbuh, Goa Terindah di Sumbar

Akses Lokasi Menuju Air Terjun Nyarai

Untuk menuju ke air terjun nyarai anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum atau bus, jarak posko air terjun nyarai dari kota padang hanya sekitar 20 km, bisa ditempuh dalam waktu 15 menit perjalanan jika tidak macet. Setelah sampai di posko air terjun nyarai anda akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam menuju air terjun nyarai, dan didalam perjalanan anda akan melewati hutan dan sungai. Jika anda berangkat dari pekanbaru maka jarak yang akan anda tempuh sekitar 280 km.

Lokasi Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai berada di sumatera barat , tepatnya di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. [Maps Lokasi]

Rate this post

LEAVE A REPLY