Menelusuri Wisata Sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu

Benteng Marlborough

Bengkulu selain terkenal dengan tempat wisata alamnya yang sangat indah dan eksotis, Bengkulu juga terkenal dengan wisata sejarahnya. Salah satunya adalah Benteng Marlborough. Dengan banyaknya wisata sejarah dan wisata alam di bengkulu tidak heran jika bengkulu menjadi sebuah provinsi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Benteng Marlborough merupakan sebuah Bangunan benteng pertahanan yang terletak di Kota Bengkulu, tepatnya di pesisir pantai Tapak Paderi. Benteng Marlborough ini dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1914 sampai dengan tahun 1719 dibawah pimpinan Gubernur Jendral Josef Colin ketika pendudukan mereka di Wilayah Bengkulu.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough juga merupakan benteng terbesar yang dibangun oleh bangsa inggris ketika kolonialismenya di Asia Tenggara. Kontruksi dan corak dari bangunan Benteng Marlborough sangat kental dengan corak dari arsitektur inggris pada abad ke-20 yang sangat megah. Bukan hanya Megah, dengan bentuk komplek bangunan benteng yang hampir menyerupai tubuh kura-kura menambah kesan bangunan yang sangat kuat. Jika anda memperhatikan bangunan secara detail pasti anda melihat bahwa bangunan ini sangat Eroupean Taste, sehingga membuat kesan keberadaan bangsa yang berjaya dan besar pada masa itu.

Baca Juga : Menelusuri Wisata Sejarah Lubang Jepang di Bukittinggi

Benteng Marlborough ini bukan hanya digunakan sebagai benteng pertahanan saja namun juga berfungsi sebagai tempat Perkantoran dan Penjara. Di dalam Benteng Marlborough terdapat berbagai catatan sejarah yang terjadi di kehidupan bangsa inggris di bengkulu pada saat itu. Seperti Kisah Perkawinan mereka, Kisah Perniagaan rempah-rempah, kisa perperangan yang terjadi, sampai dengan kisah tentang gugurnya Hamilton dan Thomas Parr.

Benteng Marlborough

Dengan Usia Bangunan yang sudah mencapai tiga abad ini beserta Kisah-kisah sejarahnya, tentu nilainya lebih dari sekedar bangunan bersejarah saja. Namun juga merupakan sebuah “Prasasti” yang menceritakan tentang jalinan antara dua bangsa yang berbeda, yaitu antara Bangsa Melayu (Bengkulu) dan Bangsa Inggris. Oleh karena itu wisata sejarah ini wajib anda kunjungi jika berkunjung ke Kota Bengkulu.

Di Sekitar Benteng juga terdapat sesuatu yang sangat unik yaitu sebuah jembatan, dimana jembatan ini menggambarkan sebagai ekor yang bisa dilepas dan dipasang. Bangunan ini selain menjadi tempat wisata sejarah juga menjadi salah satu tempat referensi untuk melakukan penelitian tentang sejarah. Setelah anda bosen berada di wisata sejarah ini anda bisa langsung menuju pantai yang dekat dengan Benteng Marlborough yaitu Pantai Zakat dan Pantai Paderi.

Benteng Marlborough

Keistimewaan Benteng Marlborough

Banyak Keistimewaan yang ada di dalam benteng ini, Berikut semua penjelasan tentang apa saja yang ada di dalamny :

  1. Bastion
    Bastion merupakan sebuah bangunan yang terletak di setiap sudut bangunan, yang berfungsi untuk menyerang musuh namun tidak menampakkan diri.
  2. Revaline
    Revaline merupakan sebuah bangunan yang berada di atas parit yang memiliki tiga sudut. Bangunan terhubung dengan sebuah jembatan.
  3. Ruang Tahanan 
    Ruang Tahanan merupakan ruangan yang berfungsi sebagai tempat penampungan para tahanan ketika masa penjajahan.
  4. Gudang Persenjataan
    Gudang Persenjataan berfungsi sebagai tempat menyimpan senjata oleh pemerintahan inggris.

Lokasi Benteng Marlborough

Benteng Marlborough berada di Provinsi Bengkulu, tepatnya berada di Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu [ Maps Menuju Benteng ]

Menelusuri Wisata Sejarah Benteng Marlborough di Bengkulu
6 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY