Curug Cigamea, Tempat Wisata Populer dan Terindah di Bogor

curug cigamea bogor

Kota Bogor atau sering disebut dengan kota hujan ini merupakan kota yang berada di provinsi Jawa Barat, yang terkenal akan tempat wisatanya yang sangat indah dan eksotis. Hawa yang dingin dan sejuk membuat kota Bogor menjadi salah satu kota yang disukai oleh wisatawan Domestik Maupun Mancanegara. Salah satu Objek wisata yang yang sangat populer di Bogor selain Curug Leuwi Leuk dan Curug Leuwi Hejo adalah Curug Cigamea.

Curug Cigamea Merupakan destinasi wisata alternatif selain Puncak Bogor yang sangat populer dan cocok sebagai tempat untuk menghilangkan kepenatan aktivitas sehari-hari maupun yang bosan akan suasana kota yang macet dan penuh dengan polusi. Curug Cigamea selain terkenal akan pesona alamnya yang sangat indah dan eksotis, Lokasi Curug Cigamea juga sangat mudah untuk di akses, dari pusat kota bogor hanya akan menempuh jarak sekitar 38 kilometer.

Curug Cigamea yang pertama

Baca Juga :Curug Leuwi Hejo, Tempat Wisata Paling Populer dan Murah di Bogor

Dari pintu masuk Curug Cigamea, Anda masih harus berjalanan menuruni lembah dengan jarak sekitar 350 meter atau sekitar 15 menit perjalanan. Jalan yang akan anda lalui lumayan bagus dengan jalan setapak yang terdiri dari batu dan tanah yang tersusun rapi membentuk anak tangga dengan pembatas pagar besi, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Setelah 10 menit berjalanan menuruni lembah Anda akan melihat ada kolam kecil dengan bentuk yang sangat unik. Di kolam kecil ini terdapat sebuah air terjun kecil yang mengalir melewati tangga-tanga kecil. Setelah melewati kolam kecil ini anda sudah bisa melihat keindahan air terjun dan warung-warung di sekitarnya.

Air Terjun ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang sangat rimbun, membuat suasana di air terjun ini semakin sejuk dan nyaman. Apalagi ketika berada di sekitar air terjun, Anda sudah bisa merasakan percikan air yang sangat dingin. Fasilitas yang berada di Curug cigamea ini cukup lengkap, seperti toilet, mushollah, terapi ikan dan warung tempat makan. Dan bagi anda yang ingin menginap di kawasan ini juga tersedia penginapan murah.

Curug Cigamea yang kedua

Baca Juga :Curug Leuwi Lieuk, Tempat Wisata Terbaru dan Paling Populer di Bogor

Curug Cigamea memiliki dua air terjun dengan karakter yang berbeda. Curug yang pertama berada di dekat jalan masuk. Curug yang pertama ini memiliki tebing yang curam dan didominasi dengan bebatuan yang berwarna hitam. Kolam yang berada dibawah air terjun yang pertama ini tidak terlalu luas dan tidak dalam, sehingga tidak bisa digunakan untuk mandi ataupun berenang.

Sedangkan air terjun yang kedua yang berjarak hanya 30 meter dari air terjun pertama ini berada di celah tebing yang berwarna coklat dengan ketinggian sekitar 50 meter. Kolam yang berada di bawah air terjun kedua ini lebih luas dan dalam, sehingga bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mandi maupun berenang. Dengan air yang dingin dan jernih ini membuat badan terasa segar dan fresh kembali. Air Terjun yang kedua ini memiliki warna biru kehijau-hijauan.

Baca Juga :14 Makanan Khas Banten Paling Favorit yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tarif dan Tiket Masuk Curug Cigamea

Ketika sampai di Gerbang Gunung Salak Endah, anda akan membayar uang masuk sekitar Rp.15.000/motor. Sesampainya di area parkir anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.5.000/motor. Bagi anda yang ingin terapi ikan di sekitar parkiran terdapat terapi ikan yang akan dikenakan tarif sekitar Rp.5.000/orang.

Akses Lokasi Menuju Curug Cigamea

Aksebilitas menuju Curug ini juga sangatlah mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika berangkat dari Kota Tangerang menuju Curug Cigamea menggunakan kendaraan motor akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Sedangkan dari kota Bogor hanya akan menempuh jarak sekitar 38 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan.

Dari Pintu Gerbang Kawasan Wisata Gunung Salak menuju pintu masuk Curug Cigamea akan menempuh jarak sekitar 4 km. Setelah sampai di pintu masuk, Anda masih harus berjalanan menuruni lembah dengan jarak sekitar 350 meter atau sekitar 10 menit perjalanan. Jalan yang akan anda lalui lumayan bagus dengan jalan setapak yang terdiri dari batu dan tanah yang tersusun rapi membentuk anak tangga. Dan untuk menjaga keamanan para wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun ini, jalan yang dilalui dibatasin dengan pagar besi.

Selama di perjalanan menuruni lembah anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat indah, dan jika beruntung, Anda akan bisa melihat puluhan monyet yang sedang bermain di sekitar Anda. Untuk menuju Curug Cigamea ini terdapat 4 jalur :

  1. Jalur Cemplang (Cibungbulang) – Pamijahan- Salak Endah
  2. Cikampak – Salak Endah
  3. Cibatok -Salak Endah
  4. Tamansari – Gunung Bunder – Salak Endah

Dari Keempat jalur tersebut yang paling sering digunakan adalah jalur yang pertama, karena memiliki jarak dan waktu tempuh tercepat dari jalan raya Bogor – Leuwiliang, Selain itu jalannya juga lebih bagus dan tidak berkelok-kelok.

Bagi anda yang ingin menggunakan transportasi umum bisa langsung menuju Terminal Barangsiang dan carilah angkot 03 jurusan Bubulak, setelah sampai di Bubulak carilah angkot yang jurusannya ke Leuwiliang. Kemudian turunlah di pertigaan Cibungbulang atau Cibatok. Kemudian carilah angkot yang jurusannya ke Gunung Picung sampai pemberhentian terakhir angkot. Dari pemberhentian terakhir menuju pintu gerbang Anda akan berjalan kaki atau bisa naik ojek. Kami sarankan agar rental motor atau mobil saja, supaya perjalanan lebih nyaman dan puas untuk menikmati keindahan wisata alam yang ada di Bogor. Karena jika menggunakan angkutan umum takut kesorean dan tidak bisa pulang.

Lokasi Curug Cigamea

Alamat Curug Cigamea : Jl. Curug Cigamea, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

[ Maps Menuju Air Terjun Cigamea]

Curug Cigamea, Tempat Wisata Populer dan Terindah di Bogor
6 (100%) 2 votes

LEAVE A REPLY