Melihat Keunikan Jembatan Akar Painan di Sumatera Barat

jembatan akar painan

Pada Umumnya Jembatan-jembatan yang sering kita lewati dibangun menggunakan bahan-bahan bangunan, seperti besi, batu dan semen. Namun Jembatan Akar Painan Memiliki keunikan tersendiri yaitu dibuat menggunakan Akar Pohon beringin dan akar pohon kubang yang berada di kedua sisi sungai.

Sebelum kedua akar pohon kubang dan beringin membentuk sebuah jembatan, penduduk yang berada di sekitar sungai batang bayang membuat sebuah jembatan menggunakan bambu, Namun ternyata lama kelamaan jembatan bambu tersebut dililit oleh akar pohon beringin dan membentuk sebuah jembatan yang kuat dan tahan lama.

Baca Juga : Ngalau Indah Payakumbuh, Goa Terindah di Sumatera Barat

Jembatan Akar Painan dibuat pada tahun 1890, dan baru bisa digunakan kembali pada tahun 1916. Jembatan ini dibuat sebagai penghubung antara desa Pulut-Pulut dan desa Lubuk Silau, Walapun umurnya sudah lebih dari ratusan tahun, Jembatan ini masih kuat dan aman untuk digunakan.

jembatan akar painan

Tujuan Awal dibentuknya Jembatan ini hanya sebagai penghubung antara desa Lubuak Silau dan desa Pulut-pulut, Namun sekarang Jembatan Akar Painan menjadi tempat wisata yang paling terkenal dan paling unik di Dunia. Karena Keunikan yang dimilikinya Jembatan ini menjadi tempat wisata yang wajib anda kunjungi di Pesisir Selatan. Pada liburan akhir pekan jembatan ini menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jembatan Akar Painan memiliki panjang sekitar 25 meter dengan lebar 1,5 meter, Jembatan ini berada di ketinggian 10 meter di atas permukaan Sungai Batang Bayang. Dari atas jembatan akar ini anda bisa melihat keindahan sungai yang dikelilingi oleh bebatuan yang besar.Karena jembatan ini sudah menjadi destinasi wisata paling populer, pemerintah setempat memodifikasi Jembatan Akar Painan menggunakan tali besi untuk menjaga ketahanan jembatan.

Baca Juga : Keindahan Pantai Carocok Painan di Sumatera Barat

jembatan akar painan

Akses Lokasi Menuju Jembatan Akar Painan


Akses lokasi menuju wisata Jembatan Akar Bayang sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika anda berangkat dari Kota Padang akan menempuh jarak sekitar 88 km. Jika menggunakan transportasi umum anda bisa menaiki bus dengan rute Padang menuju Painan, dari painan anda akan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju kecamatan bayang. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda bisa langsung klik link google maps yang kami berikan dibawah.

Lokasi Jembatan Akar Painan


Jembatan Akar Painan berada di provinsi sumatera barat, Tepatnya di Puluik Puluik, IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Jembatan ini berada di selatan Kota Padang. [Maps Menuju Jembatan]

Melihat Keunikan Jembatan Akar Painan di Sumatera Barat
6 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY