Menelusuri Wisata Sejarah Lobang Jepang di Bukittinggi

Lobang Jepang

Jika anda berkunjung ke Bukittinggi tidak lengkap apabila tidak mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah yang sangat terkenal di Sumatera Barat, Yaitu Lobang Jepang atau sering disebut dengan Goa Jepang. Lobang ini menjadi saksi sejarah penjajahan jepang yang masih tersisa sampai saat ini.

Lobang Jepang ini dibangun menggunakan tenaga kerja orang indonesia dibawah paksaan tentara jepang, bunker atau lobang jepang ini di gunakan sebagai pertahanan tentara jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada tahun 1942 sampai dengan tahun 1945.

Lobang Jepang

Lobang Jepang memiliki Panjang sekitar 1.470 meter. Namun untuk saat ini Lubang yang boleh dimasuki hanya sepanjang 750 meter saja, Untuk menjaga keamanan para wisatawan. Lobang Jepang ini terkesan tempat yang horor, namun ketika masuk kedalam Goa anda tidak perlu takut, karena di dalam Goa Jepang sudah dilengkapi dengan fasilitas lampu, sehingga anda akan puas melihat-lihat hasil kerja keras orang indonesia di Goa ini.

Baca Juga : Ngalau Indah Payakumbuh, Goa Terindah di Sumatera Barat

Diameter Lubang Jepang 3 – 4 meter dengan ketinggian 2 meter. Namun ada juga rongga lobang yang tingginya tidak mencapai 2 meter, sehingga membuat anda terpaksa membungkuk untuk melewatinya. Lobang Jepang ini memiliki 21 Terowongan dan pada dahulu kala sering digunakan untuk menyimpan amunisi, ruang pertemuan, tempat tinggal, ruang tahanan, ruang makan, ruang penyergapan, ruang sidang, ruang penyiksaan, dapur, Mini Theater, ruang mata-mata dan pintu gerbang untuk melarikan diri.

Lobang Jepang

Lubang Jepang ini memiliki enam pintu masuk. pintu pertama terletak di Taman Panorama, kedua di samping Istana Bung Hatta dan yang lainnya terletak di jalan menuju Objek Wisata Ngarai Sianok. Wisata Lubang Jepang ini sangat dekat dengan objek wisata lainnya yaitu Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Great wall of Koto Gadang.

Tiket Masuk

Untuk tiket masuk menuju objek wisata ini anda akan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 untuk anak-anak, Rp. 8000,- untuk orang dewasa. Namun info harga tiket masuk yang kami infokan ini mungkin sewaktu-waktu bisa berubah.

Akses Lokasi Menuju Lobang Jepang

Akses Lokasi menuju wisata sejarah Lubang Jepang sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika anda berangkat menggunakan transportasi umum dari Kota Padang menuju Bukittingi bisa menempuh waktu 2 jam perjalanan jika tidak macet. Kemudian dari Bukittinggi anda masih akan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju objek wisata Lobang Jepang.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Ngarai Sianok di Bukittinggi

Jika Anda berangkat dari Pekanbaru menuju Objek Wisata Lubang Jepang akan menempuh waktu sekitar 6 Jam perjalanan. Namun jika anda berangkat dari Kota Padang akan menempuh jarak sekitar 106 km. Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil supaya perjalanan anda lebih nyaman dan bisa berlama-lama di Objek Wisata Sejarah ini.

Lokasi Lobang Jepang

Lubang Jepang berada di provinsi Sumatera Barat, Tepatnya di pusat Kota Bukittinggi, Jl. Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguk Panjang, Kabupaten Agam. [Maps Menuju Goa Jepang]

Menelusuri Wisata Sejarah Lobang Jepang di Bukittinggi
6 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY