17 Makanan Khas Aceh yang Terkenal Enak dan Wajib Dicicipi

Ayam Tangkap makanan Khas Aceh

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam selain terkenal dengan kota yang memiliki tempat wisata yang sangat indah dan eksotis. Aceh juga terkenal dengan makanan khasnya yang sangat enak dan lezat. Jika berkunjung ke Aceh tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencobai makanan Khas Aceh yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.

Sebagian Makanan Khas Aceh ini juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Aceh untuk orang-orang tercinta. Mungkin Makanan Khas Aceh tidak seperti makanan khas Padang yang dijual di hampir seluruh kota di Indonesia. Jika anda ingin mencobai makanan khas Aceh yang terkenal dengan kelezatannya ini, anda bisa membeli secara online atau bisa mengunjungi langsung Kota Aceh.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Bangka Belitung Paling Enak yang Tidak Boleh Dilewatkan

Mungkin sebagian orang yang pernah berkunjung ke Kota Aceh sudah mengetahui apa saja makanan khas dan oleh-oleh khas aceh. Dan mungkin juga masih ada yang belum pernah mendengar atau mengetahuinya. Nah, Bagi anda yang penasaran apa saja makanan Khas Aceh. Berikut 7 Makanan Khas Aceh yang Wajib Anda Cobain :

1.Kue Timphan 

kue timpan makanan khas aceh

Kue Timphan merupakan salah satu makanan Khas Aceh yang tidak boleh dilewatkan karena makanan khas yang berupa kue ini memiliki rasa yang enak dan Legit. Kue Timphan ini dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang diisi dengan Buah Pisang Raja atau Labu, Kemudian pisang yang sudah dibalut dengan tepung ketan tersebut dibungkus menggunakan kulit daun pisang. Karena dibalut dengan daun pisang membuat kue ini menjadi lebih wangi dan legit.

Kue Timphan biasanya bisa tahan sampai 3 hari. Jika anda ingin membawa kue ini sebagai oleh-oleh untuk orag-orang tercinta biasanya akan dibungkus pakai kotak. Bagi anda yang ingin membeli kue Timphan bisa mencarinya di toko-toko kue tradisonal di Banda Aceh. Salah satu tempat yang menjual makanan khas Aceh yang satu ini adalah di Warung Kopi Solong Ule Kareng Banda Aceh. Kue timphan yang dijual pun beraneka isi, seperti Srikaya, Labu, Durian, Pisang. Harga yang ditawarkan pun terjangkau sekitar Rp2.000.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Bengkulu Paling Favorit yang Tidak Boleh Dilewatkan

2.Kue Adee Meureudu

Kue Adee Meureudu juga Makanan Khas Aceh yang tidak kalah enaknya dengan Kue Timphan. Kue Adee Meureudu merupakan makanan yang sangat populer di Meureudu, tepatya di Kabupaten Pidie Jaya, namun Makanan khas ini banyak di jual kemasan di Banda Aceh. Kue Adee Meureudu dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan singkong. Kue ini memiliki rasa yang gurih .

Bagi anda yang ingin membawa kue ini sebagai oleh-oleh buat orang-orang tercinta bisa membelinya di Pusat Oleh-Oleh di Jalan Banda Aceh-Lhoknga Desa Lampisang, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Selain itu, Anda juga bisa menemukan di daerah Lambaro Aceh Besar. Dan harga yang ditawarkan sekitar Rp 17.000.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Palembang yang Sangat Enak dan lezat

3.Ayam Tangkap

Ayam Tangkap juga merupakan makanan khas Aceh yang sangat cocok dimakan bersama keluarga ataupun bersama orag-orang tercinta. Ayam Tangkap merupakan masakan khas aceh yang dibuat dari bahan dasar Ayam Kampung yang digoreng dengan rempah-rempah pilihan, kari ayam, dan juga daun pandan.

Masakan khas Aceh ini menyajikan makanan yang enak dan gurih. Dengan proses yang unik dan bahan-bahan pilihan, Bumbunya menjadi sangat meresap kedalam daging. Bagi anda yang ingin membawa Ayam Tangkap sebagai oleh-oleh bisa membelinya di Rumah Makan Aceh Rayeuk di Banda Aceh. Harga yang di tawarkan sekitar Rp 60.000 perkotak. Alamat Rumah Makan Aceh Rayeuk tepatnya di Jalan Teungku Imum Leung Bata Nomor 33, Lamseupeung, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Padang yang Sangat Nikmat dan Lezat

4.Dendeng Aceh

Dendeng Aceh juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Aceh yang wajib anda cobain dan bawa pulang untuk orang-orang tercinta. Dendeng Aceh dibuat dari bahan dasar daging sapi yag diiris tipis dan dikeringkan, kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu dan rempah-rempah pilihan. Dendeng Aceh juga menyajikan rasa yang gurih dan manis, sangat cocok untuk dimakan dengan nasi. Bagi anda yang ingin membeli Dendeng Aceh ini anda bisa membelinya di toko-toko dendeng, tepatnya di Pasar Aceh di Peunayong atau di jalan Chik Ditiro Banda Aceh.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Medan yang Sangat Nikmat dan Lezat

5.Kue Bhoi

Kue Bhoi atau yang sering dikenal dengan Kue Ikan ini merupakan kue yang dibentuk menyerupai ikan. Makanan Khas Aceh yang satu ini bisa Anda temui di seluruh Wilayah Aceh, Bagi Anda yang bingung untuk mencari Kue Bhoi ini bisa mencarinya daerah Lampisang , Peukan Banda Aceh. Harga yang ditawarkan hanya sekitar Rp 8.000 per satu kemasan plastik yang berisi empat kue. Untuk jumlah yang lebih banyak tentu harganya juga bervariasi.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Jambi yang Sangat Lezat dan Nikmat

6. Kopi Aceh

Bagi anda Pecinta Kopi, Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi Kopi Aceh atau yang sering dipanggil dengan Kopi Aceh Gayo ini. Karena Kopi Aceh Gayo ini memiliki rasa yang khas, yang bisa membuat anda puas. Bagi Anda yang ingin menjadikan Kopi Aceh ini sebagai oleh-oleh, bisa membelinya di pusat oleh-oleh khas Aceh dan Ulee Kareng yang berlokasi di Jalan Lamreung Nomor 2.

Baca Juga : 10 Makanan Khas Riau Paling Enak dan Lezat

7. Eungkot Keumamah

Eungkot Keumamah juga merupakan makanan khas Aceh. Eungkot Keumamah dibuat dari bahan dasar ikan tuna yang direbus, kemudian ikan yang direbus dikeringkan lalu diiris-iris. Untuk menambah cita rasa yang lezat biasanya Eungkot Keumamah dimasak dengan menggunakan bahan-bahan pilihan seperti santan kelapa, cabai hijau, kentang, dan bahan rempah-rempah pilihan.

8. Bakpia Aceh 

Bakpia Bukan hanya ada di Yogyakarta.Di Aceh pun Anda bisa menikmati Bakpia khas Aceh. Bagi yang ingin menjadikan Bakpia ini menjadi oleh-oleh khas Aceh untuk orang-orang tercinta, Anda bisa membelinya di pabrik pembuatan Bakpia maupun toko-toko oleh-oleh khas Aceh disekitar Masjid Baiturrahman. Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Aceh di Pabriknya bisa langsung menuju daerah kawasan Pantai Kasih, Sabang. Harga yang ditawarkan juga murah sekitar Rp.13.000.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Air Terjun Blang Kolam di Aceh

9. Bohromrom Makanan Khas Aceh

Bohromrom juga merupakan makanan khas Aceh berupa kue yang sangat unik. Bohromrom sering dikenal dengan kue boh duek beudeh. Kue ini disajikan dengan rasa yang manis dan lembut, dengan taburan Parutan kelapa. Bohromrom terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula jawa atau gula merah, garam, air dan lain-lain. Cara membuat kue ini juga sangatlah mudah, pertama-tama campurkan tepung ketan dengan garam dan air panas, kemudian aduk hingga rata. Tuangkan Air Dingin kemudian aduk hingga adonan merata. kemudian isilah gula jawa kedalam tepung. Bulatkan dan panaskan air bersama daun pandan sampai mendidih. Masukkan adonan, angkat, gulingkan diatas kelapa parut.

Baca Juga : Air Terjun Suhom, Surga Tersembunyi di Aceh Besar

10.  Pisang Sale

Buah pisang merupakan buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Dan pisang bisa diolah menjadi beberapa makanan yang sangat gurih dan legit. Salah satunya adalah Pisang Sale. Pisang Sale merupakan makanan khas Aceh yang paling banyak diminati oleh wisatawan, dan menjadi kebanggan masyarakat Aceh. karena Pisang sale memiliki rasa yang legit dan Gurih. Proses pembuatannya Pisang sale ini juga sangat unik.

11.Manisan Pala

Manisan pala merupakan salah satu jenis makanan khas aceh yang berupa sebuah makanan ringan yang tergolong dalam kelompok buah-buahanManisan buah pala ini bisa Anda temui di Aceh Selatan. Di Aceh Selatan buah pala selain digunakan menjadi manisan dan sirup, buah pala juga bisa dibuat menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi sebagai obat luka. Dan bahkan buah pala juga dibuat sebagai kue dan kembang gula.

12. Meuseukat

Meuseukat ini juga merupakan salah satu makanan tradisional aceh yang sangat terkenal, Karena kue tradisonal Khas Aceh ini memiliki desain yang unik dan rasa yang sangat khas. Kue ini juga bisa dibilang semacam dodol nanas khas Aceh. Meuseukat ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan campuran buah nanas. Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas ini memang tidak mudah untuk menemukannya di pasar-pasar tradisonal dan terkadang harus dipesan terlebih dahulu.

13. Kopi Sanger 

Sanger Juga merupakan minuman khas Aceh yang sangat disukai oleh wisatawan dan masyarakat Aceh, Minuman Sanger ini hanya bisa ditemui di Aceh. Sanger ini merupakan minuman yang berupa kopi atau sering dikenal dengan kopi sanger, Kopi ini hampir mirip dengan capucino, tapi menurut saya jika dicoba dari segi rasanya, jelas berbeda dan lebih nikmat dan segar jika meminum kopi sanger. karena kopi sanger ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dengan kopi-kopi lainnya.

14.Gulee Itek

Gulee Itek merupakan makanan khas Aceh yang berupa gulai bebek. Gulee itek dibuat dari bahan dasar Bebek Kampung dan bumbu-bumbu pilihan. Gulee itek diolah dengan bahan-bahan pilihan dengan proses yang sangat unik, membuat daging terasa empuk dan bumbunya pun meresap kedalam daging. Gulai bebek yang terkenal di masayarakat Aceh adalah gulai bebek buatan dari Bireuen karena kuahnya sangat kental dan enak yg dihasilkan dari perasan air santan kental.

15. Gulee Eungkot Paya

Bagi Anda pecinta Kuliner, wajib mencobai Gulee eungkot paya. Karena Makanan khas Aceh yang satu ini memiliki rasa yang enak dan khas. Gulee eungkot paya ini dibuat dari bahan dasar ikan gabus dan bumbu-bumbu pilihan kemudian di beri santan. Gulee eungkot paya ini sering menjadi bahan incaran para pecinta kuliner baik itu wisatawan Domestik maupun Mancanegara. Nah, bagi pecinta kuliner wajib memasukkan Gulee eungkot paya kedalam daftar menu Anda.

16. Gulee Sie Kameng

Gulee Sie kameng juga merupakan makanan khas Aceh yang tidak kalah enaknya dengan Gulee Eungkot Paya. Gulee Sie kameng ini dibuat dari bahan dasar daging kambing, potongan pisang kepok dan nangka muda. Dengan bumbu khas Aceh Daging dan aromanya pun terasa empuk dan wangi. Bagi Anda yang pergi ke Aceh tidak Apdol rasanya jika tidak mencicipi makanan khas aceh yang satu ini.

17.Kuah Pliek U

Kuah pliek U merupakan makanan khas Aceh yang diwariskan masyarakat Aceh dengan rasa khas yang kaya dengan rempah-rempah pilihan. Kuah Pliek U dibuat dari bahan dasar minyak kelapa yang telah mengalami pembusukan dan dikeringkan. Bahan-bahan dasar lainnya adalah Daun melinjo, Kacang panjang, Nangka muda, Terong hijau, Buah melinjo. Cara pembuatannya memang sangatlah unik. Namun cita rasa yang disajikan makanan khas yang satu ini sangatlah enak dan gurih.

Demikianlah 17 Makanan Khas Aceh yang sangat Enak yang Wajib Anda Cobain. Semoga dengan info yang kami berikan ini bisa bermanfaat buat Anda. Dan Makanan khas Aceh ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Aceh.

 

17 Makanan Khas Aceh yang Terkenal Enak dan Wajib Dicicipi
6 (100%) 1 vote

LEAVE A REPLY