14 Makanan Khas Banten Paling Favorit yang Tidak Boleh Dilewatkan

makanan khas banten

Provinsi Banten selain terkenal dengan kota yang memiliki tempat wisata yang sangat indah dan eksotis. Banten juga terkenal dengan makanan khasnya yang sangat enak dan lezat. Jika berkunjung ke Banten tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencobai makanan Khas Banten yang menjadi kebanggaan masyarakat Banten.

Sebagian Makanan Khas Banten ini juga bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Banten untuk orang tercinta. Mungkin Makanan Khas Banten tidak seperti makanan khas Padang yang dijual di hampir seluruh kota di Indonesia. Jika anda ingin mencobai makanan khas Banten yang terkenal dengan kelezatannya ini, anda harus mengunjungi langsung Kota Serang atau bisa meminta oleh-oleh dari keluarga yang sedang pergi ke Serang.

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui apa saja makanan khas Banten, dan mungkin juga masih ada yang belum pernah mendengar atau mengetahuinya. Nah, Bagi anda yang penasaran apa saja makanan Khas Banten. Berikut 14 Makanan Khas Banten yang Wajib Anda Cobain :

1. Sate Bandeng

sate bandeng makanan khas banten

Bagi anda pecinta kuliner yang sedang berkunjung ke Serang, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencobai makanan khas Banten paling enak dan Terkenal di Provinsi Banten, yaitu Sate Bandeng. Sate Bandeng dibuat dari bahan dasar Ikan bandeng dan dicampur dengan rempah-rempah pilihan untuk menambah cita rasa yang lezat.

Menurut cerita, makanan khas Banten yang satu ini dibuat dari mulai abad ke-16 untuk mempersembahkan hidangan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Sampai saat ini sate bandeng menjadi makanan khas paling diminati banyak orang. Bukan hanya rasanya saja yang enak, namun bau amis pada ikan juga menghilang dan diganti dengan aroma rempah-rempah yang bisa membuat perut anda menjadi lapar.

Baca Juga : 15 Makanan Khas Jogja Paling Favorit yang Tidak Boleh Dilewatkan

2. Rabeg Banten

rabeg-banten-makanan-khas-banten

Rabeg Banten juga merupakan makanan khas banten paling favorit dan menjadi kebanggan masyarakat sekitar Serang. Bagi anda yang berkunjung ke Serang wajib mencobain makanan khas yang satu ini. Rabeg Banten merupakan makanan khas yang dibuat dari bahan dasar daging dan jeroan sapi yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan seperti daun jeruk, serai, rempah pala, kayu manis, dan cengkih. Rabeg banten menyajikan makanan khas yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat dan aroma yang sangat menggoda untuk menikmatinya.

3.Nasi Sumsum

nasi-sumsum-makanan-khas-banten

Makanan Khas Banten yang selanjutnya wajib anda coba adalah Nasi Sumsum. Nasi Sumsum dibuat dari bahan dasar sumsum tulang kerbau yang disajikan dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Nasi Sumsum diolah dengan cara menyampurkan sumsum sapi dengan rempah-rempah kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dibakar hingga mengeluarkan aroma yang sangat lezat.

4. Ketan Bintul

ketan-bintul-makanan-khas-banten

Selain Nasi sumsum, Ketan Bintul juga merupakan makanan khas Banten paling enak dan gurih. Kalau Nasi Sumsum dibuat dari bahan dasar Sumsum Tulang sapi, Ketan Bintul dibuat dari bahan dasar ketan dan dibungkus menggunakan daun pisang. Kemudian disajikan dengan serundeng kelapa membuat rasanya menjadi lebih gurih dan enak. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai cemilan yang bisa membuat perut kenyang.

5.Nasi Uduk Serang

nasi-uduk-serang

Nasi Uduk Serang juga merupakan makanan khas banten yang bisa anda temui dengan mudah di kota serang. Nasi Uduk Serang ini sering kali dijadikan santapan sarapan pagi oleh masyarakat kota Serang. Nasi Uduk Serang ini lebih enak jika dimakan bareng tempe goreng, telur pedas, sayur, tempe, dan gorengan.

6. Pecak Bandeng

pecak-bandeng-makanan-khas-banten

Selain Sate Bandeng, Pecak Bandeng juga merupakan Makanan khas Banten yang dibuat dari bahan dasar Bandeng. Pecak Bandeng diolah dengan cara dibakar sampai matang, namun tidak sampai kering. Kemudian disajikan dengan sambal yang dibuat dengan bahan-bahan pilihan dan di campur dengan perasan air jeruk limau.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Medan yang Sangat Nikmat dan Lezat

7. Nasi Belut Makanan Khas Banten

nasi-belut-makanan-khas-banten

Selain makanan yang dibuat dari bahan dasar ikan bandeng, Belut juga merupakan menu makanan khas Banten yang paling favorit. Bagi anda yang suka belut wajib mencobai makana khas Banten yang satu ini. Karena rasanya enak dan gurih. Belut yang sudah dibersihkan kemudian dikeprek supaya tulangnya lebih empuk dan dicampur dengan rempah-rempah pilihan kemudian digoreng.

8. Kue Cucur

kue-cucur-makanan-khas-banten

Kue cucur ini juga merupakan makanan khas banten dari Sareweh di kabupaten lebak provinsi Banten. Kue cucur ini dibuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah. Makanan khas ini biasanya dijadikan sebagai makanan pelengkap ketika ada acara-acara keluarga dan pernikahan. Namun Kue cucur ini juga sering dijadikan sebagai camilan sehari-hari. Jika dilihat sekilas mungkin makanan khas yang satu ini mirip dengan kue serabi, namun setelah mencobanya, rasanya sangat legit membuat anda pasti ketagihan.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Palembang yang Sangat Enak dan lezat

9. Pasung Merah

pasung-merah-makanan-khas-banten

Ketika mendengar namanya mungkin terasa aneh bukan ? namun, jika ditanya soal rasa Pasung Merah ini memiliki rasa yang sangat enak dan manis. Pasung Merah merupakan makanan khas Banten yang dibuat dari bahan dasar tepung beras, gula merah, Tepung sagu dan santan. Kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Kue ini memiliki bentuk yang unik yaitu berbentuk corong.

10. Angeun Lada

angeun-lada

Makanan Khas Banten selanjutnya adalah Angeun Lada atau sering dikenal dengan sebutan sayur lada. Angeun lada merupakan masakan yang dibuat dari bahan dasar sayuran, daun walang, dan daging sapi. masakan khas ini berasal dari daerah Banten Bagian Selatan, Pandeglang dan Lebak.

Baca Juga : 10 Makanan Khas Makassar yang Sangat Lezat dan Nikmat

11. Balok Menes

balok-menes-makanan-khas-banten

Balok Manis juga merupakan makanan yang berasal dari kabupaten pandeglang yang dibuat dari bahan dasar singkong. Makanan khas Banten ini memiliki bentuk segi empat dan berwarna putih. Teksture kue yang sangat lembut dan kenyal membuat mulut kita tidak ingin berhenti untuk memakannya. Biasanya Balok Manis disajikan dengan serundeng yang ditaburkan diatasnya.

12. Laksa Tanggerang

laksa-tangerang-makanan-khas-banten

Laksa Tangerang merupakan makanan khas Banten yang berasal dari Kota Tangerang. Makanan khas yang satu ini adalah makanan sejenis bihun atau mie yang disiram dengan kuah. Laksa Tangerang dibuat dari bahan dasar tepung beras dengan tekstur yang kenyal dan gepeng, Biasanya makanan khas ini disajikan dengan kuah dan daging ayam yang dipotong kecil-kecil. Kuahnya dibuat dari campuran santan yang dimasak dengan kentang, kaldu ayam dan kacang hijau.

13. Sate Bebek Cibeber

sate-bebek-cibeber-makanan-khas-banten

Sate Bebek Cibeber ini juga merupakan salah satu makanan khas Banten yang paling favorit di Provinsi Banten. Sate Bebek ini berasal dari cibeber. Jika dilihat sekilas sate ini memang sangat mirip dengan sate yang biasa kita temui. Namun Sate khas cibeber ini dibuat dari bahan dasar daging bebek dan disajikan dengan kuah yang terbuat dari gula merah dan rempah-rempah pilihan, membuat rasanyanya semakin enak dan lezat.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Padang yang Sangat Nikmat dan Lezat

14. Emping Menes

emping-menes-makanan-khas-banten

Emping menes merupakan makanan khas Banten yang berasal dari Kota Pandeglang. Emping menes ini menjadi makanan wajib ketika sedang makan nasi, bubur ayam, dan makan makanan berkuah lainnya. Makanan khas ini juga sering dijadikan wisatawan sebagai oleh-oleh khas Banten untuk orang-orang tercinta. Emping menes ini dibuat dari bahan dasar buah melinjo, bagi anda yang ingin membawa makanan khas ini sebagai oleh-oleh bisa menemukannya diseluruh kota serang, khususnya di kota pandeglang.

14 Makanan Khas Banten Paling Favorit yang Tidak Boleh Dilewatkan
6 (100%) 3 votes

LEAVE A REPLY