Pulau Oksigen ( Gili Iyang ), Surga Tersembunyi di Sumenep Madura

pulau oksigen gili iyang
pulau oksigen gili iyang foto by @tulussetiabudi

Gili Iyang atau Pulau Oksigen – Ketika anda mendengar kata “Gili”, mungkin yang terlintas pertama kali di pikiran anda yaitu Pulau eksotis yang menjadi objek wisata andalan di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok. Tapi ternyata tidak hanya Lombok yang memiliki Gili indah nan eksotis. Pulau Madura juga tidak ingin ketinggalan, terbukti dengan memiliki beberapa gili yang layak untuk dijadikan tempat wisata. Salah satunya yaitu Gili Iyang atau yang dikenal dengan sebutan Pulau Oksigen.

Baca Juga : Pantai Slopeng, Wisata di Sumenep Madura yang Lagi Hits dan Instagramable 2019

Gili Iyang atau Pulau Oksigen merupakan salah satu Tempat Wisata di Sumenep yang sempat menghebohkan dunia maya dengan keindahan lautnya. Gili ini berada tidak jauh dengan Gili Labak yang sebelumnya juga sangat heboh dengan keindahan yang dimiliki. Gili Iyang masih perawan dan sepi pengunjung, itulah yang menyebabkan Gili ini asri dan sangat nyaman.

pulau oksigen atau gili iyang
pulau oksigen gili iyang foto by @yanuarrainsyah

Pesona Keindahan Pulau Oksigen (Gili Iyang) di Sumenep

Selain dikenal dengan Pulau Oksigen, gili Iyang juga kerap disebut sebagai “Pulau Awet Muda”. Bukan berarti para wisatawan yang berkunjung ke Gili ini nantinya akan menjadi awet muda, melainkan anda akan menemukan banyak penduduk yang berusia satu abad (100 tahun) bahkan lebih. Tidak heran rasanya jika anda merasa awet muda ketika berkunjung ke pulau ini.

Gili Iyang dinobatkan sebagai Pulau dengan kadar oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Jordania. Tingginya oksigen tersebut bukan tanpa alasan. Ketika anda berada di kawasan ini, anda akan menemukan pulau yang masih sangat alami dan perawan. Selain itu, ada banyak pohon yang rindang dan tumbuh subur.

pulau oksigen gili iyang
pulau oksigen gili iyang foto by @meyz

Ada banyak aktivitas yang bisa anda lakukan di sana, seperti halnya menyelam di lautan biru, bermain-main dengan pasir yang indah serta bersantai di pantai berkarang. Beda halnya dengan Gili Labak yang memiliki pasir putih yang halus, maka di Gili Iyang juga dihiasi dengan bebatuan karang. Dari celah batu karang inilah, anda bisa menyaksikan sinar matahari pagi ataupun sore yang elok.

Baca Juga : Pantai Sembilan, Wisata di Sumenep Madura Paling Hits dan Eksotis 2019

Harga Tiket Masuk Pulau Oksigen (Gili Iyang) di Sumenep

Tidak ada loket tertentu saat memasuki kawasan Gili Iyang. Namun anda harus mengeluarkan biaya untuk angkutan umum dan sewa perahu untuk sampai di sana. Tarif untuk angkutan umum dari Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek yaitu sekitar Rp 20.000 per orang. Sementara untuk tarif perahu motor milik nelayan Gili Iyang yaitu sekitar Rp 15.000 per orang. Jika anda datang dengan rombongan, maka akan dikenakan tarif pulang-pergi sekitar Rp 500.000 dengan kapasitas maksimal 30 orang. Tetapi ada juga perahu kecil yang lebih murah yaitu sekitar Rp 200.000. Jika anda tidak ingin repot untuk mengurus administrasinya, anda bisa mengikuti paket tur yang disediakan oleh jasa agen travel.

pulau oksigen gili iyang
pulau oksigen gili iyang foto by @sarahazka

Akses Lokasi Pulau Oksigen (Gili Iyang) di Sumenep

Pulau ini berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kabupaten Sumenep. Jika anda dari arah Surabaya, anda bisa naik pesawat dari Bandara Internasional Juanda ke Bandara Trunojoyo Sumenep. Anda juga bisa naik bus dari terminal Bungurasih menuju terminal Arya Wiraraja Sumenep. Setelah sampai di Sumenep, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan umum melintasi kabupaten Sumenep menuju Pelabuhan Dungkek. Dari sini, untuk menuju Gili Iyang harus ditempuh menggunakan perahu. Dalam kondisi normal, perjalanan ke Gili Iyang biasanya memakan waktu 45 menit hingga 1 jam.

Baca Juga : Pesona Pantai Gili Labak Surga Tersembunyi di Pulau Madura Yang Lagi Hits 2019

Lokasi Pulau Oksigen (Gili Iyang) di Sumenep

Gili Iyang lokasinya tidak jauh dari Gili Labak karena berada di satu Kabupaten yaitu Kabupaten Sumenep, atau lebih tepatnya di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Perjalanan laut memang cukup lama, tapi keindahan di sepanjang perjalanan tidak akan berhenti membuat anda terpana dan berdecak kagum.

Demikian informasi tentang Gili Iyang atau Pulau Oksigen yang ada di Sumenep. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Rate this post

LEAVE A REPLY