Taman Nasional Way Kambas,Tempat Atraksi Gajah di Lampung

taman nasional way kambas

Provinsi lampung selain terkenal dengan tempat-tempat wisata alamnya, lampung juga sangat terkenal dengan sarana tempat pelatihan dan penangkaran gajahnya, yaitu taman nasional way kambas. Taman Nasional way kambas adalah taman nasional yang Terluas dan tertua di indonesia, Berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan tempat pelatihan gajah pertama di indonesia.

Menurut cerita yang kami dapat, bahwasannya dulu taman ini bernama Pusat Latihan Gajah(PLG) Dan beberapa tahun kemudian taman ini berganti nama dengan Pusat konservasi gajah (PKG), mereka berharap dengan mengganti namanya dengan pusat konservasi gajah taman ini bisa menjadi pusat tempat konservasi, pelatihan, penjinakan serta perkembangbiakannya, agar gajah tidak punah.

taman nasional way kambas

Objek Wisata Taman Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas sudah melatih sekitar 300 ekor gajah dan disebar luaskan ke seluruh indonesia sampai ke pelosok-pelosok desanya. Gajah tersebut bisa melakukan atraksi yang sangat lucu, seperti bermain bola, menari dan bahkan bisa melakukan upacara bendera seperti manusia, masih banyak atraksi lainnya yang sangat lucu, gajah juga sering digunakan untuk mengangkat kayu, dan tunggangan berkeliling buat wisatawan, untuk itu taman nasional way kambas adalah tempat berlibur yang wajib anda kunjungi di pulau sumatera.

Baca Juga : Keindahan Pantai Tanjung Setia Lampung

Ternyata di taman nasional way kambas ini bukan hanya tempat pemeliharaan gajah saja, taman nasional way kambas dengan luas sekitar 130.000 hektar ini menyimpan beragam tanaman dan hewan satwa, tak heran jika taman nasional ini memiliki banyak pengunjung, baik itu dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Flora dan Fauna di Taman Nasional Way Kambas 

Selain Gajah di Taman ini banyak terdapat flora dan fauna yang sudah hampir punah dan harus dikembang biakkan, hewan yang hampir punah yang berada di taman ini seperti badak sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, tapir, menthok rimba dan lain-lain, selain hewan yang hampir punah juga terdapat hewan reptil seperti Buaya Sepit, labi-labi, ular, dan kura-kura, juga terdapat banyak macam burung seperti elanglaut, rangkok, burung beo, bangau tongtong, kuau raja, sempidan biru, burung pependang timu dan burung kuntil putih, dan di taman ini juga terdapat hewan primata yang sangat lucu, seperti kera ekor panjang, lutung, siamang, beruk owa dan lain-lain.

taman nasional way kambas

Tarif-Tarif di Taman Nasional Way Kambas

Bagi anda yang ingin menginap di sini anda bisa menuju ke resort-resort terdekat, tarif untuk menginap di resort kurang lebih Rp 200.000 Perkamar, di taman ini anda juga bisa menikmati paket tour yang sangat menarik dengan harga yang lumayan terjangkau, jika anda membeli paket tour anda akan dibawa menelusuri sungai menggunakan perahu motor yang bisa ditumpangi sebanyak 6 sampai 7 orang dengan tarif sekitar Rp 750.000 sampai dengan Rp 1.500.000,

Baca Juga : Air Terjun Batu duduk, wisata terbaru di lampung

Harga Tiket masuk ke taman nasional way kambas ada dua macam, yang pertama untuk melihat konservasi gajah dan resort sekitar dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 perorang, sedangkan untuk melihat tempat penangkaran badak anda harus mendapatkan surat ijin masuk dengan tarif sebesar Rp 30.000 perorang. Untuk mendapatkan surat ijin cukup mudah dan tidak ribet.

Akses Lokasi Menuju Taman Nasional Way Kambas

Untuk Menuju Ke taman Nasional Way Kambas anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan bus, jika anda menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil bisa menempuh waktu sekitar 2 jam dari bandar lampung. Untuk lebih jelasnya berikut rute-rute menuju taman nasional ini :

  1. Jika anda berangkat dari Bandar lampung menuju metro , dari metro menuju way jepara membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 112 km.
  2. Jika anda berangkat dari branti menuju metro, dari metro menuju way jepara hanya membutuhkan waktu sekitar 1,30 jam perjalanan dengan menempuh jarak sekitar 100 km.
  3. Jika anda berangkat dari Bakauheni menuju panjang, kemudian dari panjang ke sribawono dari sribawono menuju way jepara membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 170 km.
  4. Jika anda berangkat dari Bakauheni menuju labuan meringgai , sampai di labuan meringgai  anda akan menuju ke way kambas akan membutuhkan waktu 2 jam perjalanan.
  5. Jika anda berangkat dari luar sumatera seperti jakarta anda akan menuju labuan meringgai menggunakan kapal motor dan dilanjutkan dengan menggunakan kendaratan darat way jepara dengan membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Baca Juga : Keindahan Air Terjun Putri malu lampung

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Lokasi Taman Nasional way kambas berada di provinsi lampung, tepatnya di kecamatan labuhan ratu, kabupaten Lampung timur.

Rate this post

LEAVE A REPLY